DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Pengertian Iman kepada Hari Akhir

Pengertian Iman kepada Hari Akhir
Umum - drzpost.com -
Pelajaran agama kali ini adalah tentang hari akhir. Kapan alam ini akan hancur dan semua makhluk mati? Hal itu menjadi rahasia Allah swt. dan tidak seorang pun diberi tahu, termasuk Rasulullah saw. Sejak Rasulullah saw. masih hidup manusia banyak yang bertanya kapan terjadinya kehancuran alam semesta.

Pertanyaan mereka diabadikan Allah swt. dalam firman-Nya berikut.

Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, ”Kapan terjadinya?” Katakanlah, ”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku.” (Q.S. Al-A‘raf/7: 187).

Al-Qur’an menjelaskan bahwa peristiwa hancurnya alam semesta disebut yaumus-sa‘ah. Setelah mati, manusia dibangkitkan kembali untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya selama hidup di dunia. Hidup sesudah mati itulah yang disebut hari akhir.

Beriman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati adanya pembalasan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Hari akhir itu bersifat abadi dan tidak berakhir, sebagaimana hari-hari di dunia ini.

Keyakinan manusia terhadap hari akhir dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan.

  1. Golongan pertama adalah kelompok manusia yang mengingkari atau tidak percaya akan adanya hari akhir. Mereka memunyai anggapan bahwa setelah manusia mati tidak ada lagi kehidupan. Satu-satunya kehidupan adalah kehidupan dunia ini. Setelah manusia mati, mereka tidak mau tahu.
  2. Golongan kedua adalah kelompok manusia yang memercayai akan adanya reinkarnasi. Reinkarnasi adalah penjelmaan roh manusia yang telah mati. Apabila selama hidupnya beramal baik, ia akan lahir kembali menjadi manusia yang lebih baik atau lebih mulia. Sebaliknya, apabila selama hidupnya beramal buruk, ia akan lahir dalam bentuk yang lebih buruk, misalnya menjadi kucing atau anjing. Kepercayaan seperti ini banyak dianut oleh pemeluk agama ardi (agama buatan manusia).
  3. Golongan ketiga adalah kelompok manusia yang meyakini akan adanya hari akhir. Hari akhir diyakininya sebagai hari pembalasan bagi amalnya selama hidup di dunia. Hari akhir diyakini sebagai kehidupan yang hakiki. Kepercayaan seperti inilah yang dianut oleh pemeluk agama samawi (agama yang berasal dari Allah swt.).

Artikel ini ditulis oleh Gunawan pada 17:00 23 July 2013 | dibaca 411 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Kisah Teladan Islami Sahabat NabiKisah Teladan Islami Sahabat Nabi
Puasa Bulan Rajab dan KeistimewaannyaPuasa Bulan Rajab dan Keistimewaannya
Kandungan Al QuranKandungan Al Quran

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya