DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Fungsi dan Peran Al Quran

Fungsi dan Peran Al Quran
Umum - drzpost.com -
Kitab suci yang diturunkan oleh Allah swt. kepada rasul-rasul-Nya berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman hidup manusia. Kehidupan manusia di dunia ini mengalami perkembangan dari kehidupan yang sederhana menjadi lebih maju atau modern. Oleh sebab itu, Allah swt. tidak hanya menurunkan satu kitab suci.

Pada waktu pemikiran manusia masih sederhana, Allah swt. menurunkan kitab suci yang sederhana agar manusia dapat mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada di dalam kitab suci tersebut. Setelah pemikiran manusia berkembang pesat, Allah swt. menurunkan kitab suci yang sempurna.

Kedudukan Al-Qur’an dengan kitab-kitab suci yang lain sebagai penyempurna. Ajaran yang terdapat dalam kitab suci terdahulu bersifat sederhana dan disempurnakan oleh kitab suci Al-Qur’an. Allah swt. berfirman sebagai berikut.

Dan Kami telah menurunkan kitab (Al-Qur’an) kepadamu (muhammad) menjaganya dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu(Q.S. Al-Ma’idah/5: 48)

Ayat di atas menjelaskan bahwa kedudukan Al-Qur’an terhadap kitab-kitab yang lain adalah sebagai berikut.

  1. Al-Qur’an membenarkan isi kitab sebelumnya, yakni Taurat, Zabur, dan Injil. Adapun yang dibenarkan ialah yang masih asli, belum dicampuri perkataan manusia. Al-Qur’an membenarkan isi kitabkitab sebelumnya karena inti ajaran dalam kitab-kitab tersebut sama dengan inti ajaran yang ada dalam Al-Qur’an, yakni mengesakan Allah swt.
  2. Al-Qur’an menjadi batu ujian. Maksudnya, apabila petunjuk yang ada di dalam kitab-kitab yang terdahulu sesuai dengan Al-Qur’an, petunjuk tersebut adalah benar. Sebaliknya, apabila petunjuk yang terdapat dalam kitab terdahulu tidak sesuai dengan Al-Qur’an. Hal itu berarti salah.

Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup

Allah swt. menciptakan manusia di bumi ini dengan tujuan yang jelas, yakni sebagai khalifah di bumi. Agar manusia dapat melaksanakan tugasnya sebagai pengatur bumi, Allah swt. memberi bekal berupa pikiran dan perasaan. Akan tetapi, pikiran dan perasaan saja tidaklah cukup. Banyak orang yang pandai, tetapi kepandaiannya untuk mengalahkan pihak lain demi tercapainya keinginan sendiri. Banyak orang yang bertindak atau mengambil kebijakan berdasarkan perasaannya sendiri yang justru berakibat buruk. Oleh sebab itu, Allah swt. memberi petunjuk hidup berupa Al-Qur’an yang di dalamnya berisi berbagai peraturan, ancaman, dan kabar gembira.

Al-Qur’an adalah satu-satunya kitab suci agama samawi yang terjamin keasliannya, baik tulisan maupun isinya. Ribuan umat Islam di dunia ini sanggup menghafalnya secara tuntas. Tidak ada satu kitab pun di dunia ini yang dapat dihafalkan manusia secara tuntas, kecuali Al-Qur’an.

Allah swt. menjaga keaslian Al-Qur’an dengan cara menakdirkan sebagian hamba-Nya mampu menghafal Al-Qur’an dengan ketulusan hati tanpa mengharapkan imbalan dan penghargaan dari sesama manusia. Hanya dengan mengharap rida Allah swt. mereka menyisihkan sebagian umurnya untuk menghafal Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya.

Artikel ini ditulis oleh Lola pada 07:28 21 July 2013 | dibaca 517 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Paus Masuk Islam Ternyata Cuma HoaxPaus Masuk Islam Ternyata Cuma Hoax
Informasi Haji 2012 IndonesiaInformasi Haji 2012 Indonesia
Kisah Teladan Islami Sahabat NabiKisah Teladan Islami Sahabat Nabi

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya