DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Contoh dan Pengertian Hubungan Internasional

Contoh dan Pengertian Hubungan Internasional
Umum - drzpost.com -
Apa sih pengertian hubungan internasional? Dalam buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI disebutkan bahwa hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

Hubungan inter nasional yang dijalankan dapat berupa hubungan politis, hubungan sosial budaya, hubungan ekonomi, dan hubungan pertahanan dan keamanan.

Hubungan internasional, dilihat dari sudut pandang pelaku nya, dapat dibagi, dalam tiga macam hubungan, yaitu:

  1. hubungan individual, didasari adanya kepentingan individu, contoh nya kunjungan wisatawan, perdagangan, dan sebagainya;
  2. hubungan kelompok, didasari adanya kepentingan kelompok, contohnya kelompok lembaga nonpemerintah (NGO, Non Government Organization) antara Green Peace dengan Walhi dalam bidang lingkungan hidup;
  3. hubungan antarnegara, didasari kerja sama antarnegara dalam ber bagai bidang, contohnya kerja sama Indonesia dengan Australia tentang Pemberantasan Aksi Terorisme.

Macam-Macam dan Contoh Hubungan Internasional

Agar hubungan yang terjalin berjalan dengan baik maka kerja sama antarbangsa dan antarnegara perlu didasari oleh prinsip saling meng hormati, saling menghargai, dan tidak mencampuri kedaulatan masing-masing negara. Adapun bentuk kerja sama antarbangsa dan antarnegara dapat dibagi dalam tiga macam, yaitu sebagai berikut.
  1. Kerja sama bilateral, yaitu kerja sama yang dilakukan oleh dua negara dan atau dua subjek hukum internasional. Contohnya kerja sama Indonesia dengan Malaysia tentang ekstradisi bagi koruptor WNI yang lari ke Malaysia.
  2. Kerja sama regional, kerja sama yang dilakukan dalam satu kawasan tertentu. Contohnya ASEAN, dan Uni Eropa (UE).
  3. Kerja sama multilateral, yaitu kerja sama yang melibatkan lebih dari dua negara dan subjek hukum internasional. Contohnya APEC, dan OKI. APEC (Asia Pasific Economic Cooperation) merupakan organisasi perdagangan dan investasi bagi negara-negara di kawasan Asia-Pasifik yang memandang perdagangan dan investasi merupakan sarana utama bagi kerja sama internasional dan usaha mendorong pembangunan ekonomi di masing-masing negara. Adapun OKI (Organisasi Konferensi Islam) dipandang sebagai upaya maksimal untuk menampung aspirasi pembaruan dan penyatuan Islam.
Pembangunan hubungan politik luar negeri Indonesia tiada lain ditujukan untuk peningkatan persahabatan dan kerja sama bilateral, regional, dan multirateral sehingga meningkatkan citra negara Indonesia di mata dunia internasional. Dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, politik luar negeri dijalankan oleh Departemen Luar Negeri yang sebagian tugas umum pemerintahan dan pembangunan di bidang politik dan hubungan luar negeri.

Artikel ini ditulis oleh tukiran pada 17:09 30 December 2012 | dibaca 9520 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pengertian Usaha Pembelaan NegaraPengertian Usaha Pembelaan Negara
Lembaga Lembaga SosialisasiLembaga Lembaga Sosialisasi
Pengertian Keterbukaan dalam Kehidupan Berbangsa dan BernegaraPengertian Keterbukaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya