DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Contoh Khutbah Singkat Islam

Contoh Khutbah Singkat Islam
Umum - drzpost.com -
Hai teman-teman, kali saya akan mencoba memberikan contoh khutbah singkat buat agama Islam yang bisa kita berikan untuk kultum dan sebagainya. Khutbah singkat kali ini berjudul "Sifat-sifat orang beriman", yuk kita lihat aja bagaimana khutbahnya.

Contoh Khutbah tentang Sifat-sifat orang beriman

Assalamualaikum Wr wb,

Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada Nya dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

Ketahuilah bahwa perumpamaan iman di hati seseorang mukmin adalh bagai sebuah pohon yang bagus pertumbuhannya dan bagus pula buahnya. Ketahuilah bahwa amal-amal saleh adalah hasil dari keimanan yang kuat akarnya di hati seorang mukmin, sehingga ia dapat mencapai keberhasilan yang luar biasa dan kedudukannya yang tinggi di sisi Alah, seperti yang disebutkan dalam firman Allah berikut:

"sesungguhnya beruntung orang-orang beriman"
(QS. Al Mu'minuun: 1)

Kemudian Allah menerangkan secara rinci bahwa orang-orang yang beriman yang mencapai kesuksesan itu mempunyai sifat-sifat khusus yang tidak dimiliki oleh selain mereka. Adapun diantara sifat-sofat khusus itu adalah seperti yang disebutkan dalam firman-firman Allah surat Mu'minuun ayat 2 sampai 9.

Di antara sifat-sifat khusus orang beriman adalah sholat mereka selalu khusyu'.

Al Hasan Al Basri berkata "Kekhusyukan orang-orang mukmin ada di dalam hati mereka, sehingga pandangan mata mereka selalu tertunduk ke bawah".

Selanjutnya Allah menyebutkan sifat orang-orang beriman yang sukses adalah mereka selalu berpaling dari perbuatan sia-sia, yaitu mereka menghindari tutur kata dan perbuatan apapun yang bertentangan dengan tata krama agamanya, agar tidak mengurangi kesempurnaan iman mereka.

Selanjutnya Allah menyebutkan sifat-sifat orang beriman yang sukses berikutnya adalah mereka mau menunaikan zakat hartanya dalam bentuk apapun kekayaannya seperti uang, emas dan perak, keuntungan bisnis mereka, ternak mereka dan hasil pertanian mereka. Karena uang zakat adalah sebagian dari hak Allah untuk orang lain, bukan untuk pemiliknya.

Selanjutnya Allah menyebutkan sifat-sifat orang beriman yang sukses berikutnya adalah mereka menjaga kesucian dari perbuatan zina dan segalah hal yang mendekatkan sesorang kepada perbuatan zina, kerena perbuatan zina bisa membahayakan kehidupan seseorang secara individu maupun kemasyarakatan.

Sifat orang berimana sukses lainnya adalah memenuhi amanat yang diamanatkan kepada mereka dan memenuhi segala janji yang mereka janjikan.

Demikianlah khutbah singkat kali ini tentang sifat-sifat orang beriman, semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin.

Assalamualaikum Wr wb.

Artikel ini ditulis oleh Raden pada 10:01 11 April 2013 | dibaca 24605 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Bacaan dan Tata Cara Sujud SahwiBacaan dan Tata Cara Sujud Sahwi
Fungsi dan Peran Al QuranFungsi dan Peran Al Quran
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2013 1434 H IndonesiaJadwal Imsakiyah Ramadhan 2013 1434 H Indonesia

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya