DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Pengertian Listrik Statis

Pengertian Listrik Statis
Sains - drzpost.com -
Apa sih definisi dari listrik statis? Listrik statis adalah berkumpulnya muatan listrik pada suatu benda. Petir merupakan gejala alam yang timbul karena berkumpulnya sejumlah besar elektron yang disebut listrik statis. Kita akan mempelajari dan mendiskusikan bagaimana cara memperoleh listrik statis secara sederhana.

Salah satu cara memeproleh listrik statis secara sederhana adalah dengan menggunakan sisir, sisirlah rambutmu. lalu coba dekatkan sisir itu pada potongan kertas tisu. Catat pengamatanmu terhadap perilaku kertas tisu tersebut.

Mengapa pada kegiatan penyelidikan dengan sisir dan kertas tisu yang telah kamu lakukan di atas, kamu mengamati potongan kertas tisu itu tertarik dan menempel pada sisir. Apa yang menyebabkan potongan kertas tisu itu menempel pada sisir?

Pada saat kamu menyisir rambut kering, rambutmu tertarik oleh sisir (Gambar 6.1). Mengapa rambut menempel di sisir? Hal ini dijelaskan dalam Gambar 6.2. Seperti ditunjukkan pada Gambar 6.2a, pada mulanya rambut dan sisir bersifat netral. Suatu atom bersifat netral, karena jumlah proton dan elektron sama. Pada saat kamu menggosokkan sisir pada rambutmu, sejumlah atom di dalam rambutmu terganggu, sejumlah elektron di dalam rambutmu terlepas dan berpindah ke sisirmu. Akibatnya, sisirmu memperoleh tambahan elektron, dan sisirmu itu tidak lagi netral, tetapi memiliki muatan negatif. Rambutmu kehilangan elektron, sehingga rambutmu itu bermuatan positif (Gambar 6.2b). Peristiwa ini merupakan contoh mendapatkan listrik statis dengan cara menggosok.

Artikel ini ditulis oleh Batman pada 17:26 29 March 2013 | dibaca 1022 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pengertian Dimensi Fisika dan Contoh DimensiPengertian Dimensi Fisika dan Contoh Dimensi
Bagian Bagian dan Fungsi MikroskopBagian Bagian dan Fungsi Mikroskop
Bagaimana Terjadinya Petir dan GunturBagaimana Terjadinya Petir dan Guntur

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya