DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Cerita Legenda Nyi Roro Kidul

Cerita Legenda Nyi Roro Kidul
Umum - drzpost.com -
Ada begitu banyak cerita rakyat atau cerita legenda dari daerah-daerah di Indonesia. Salah satunya yang terkenal adalah legenda Nyi Roro Kidul, yuk kita simak aja bagaimana cerita atau sejarah Nyi Roro Kidul ini.

Nyi Roro Kidul Sejarah

Nyi Roro Kidul adalah putri Raja Prabu Siliwangi dari kerajaan pakuan Pajajaran. Ibunya adalah permaisuri kinasih (yang paling disayangi) oleh Prabu Siliwangi. Nyi Roro Kidul yang semula bernama Putri Kandita, memiliki paras cantik melebihi kecantikan ibunya. Oleh karena itu, tidak heran Kandita pun menjadi putri kinasih ayahnya.

Sikap Prabu Siliwangi ini telah menumbuhkan kecemburuan di antara selir dan putra-putri raja lainnya. Akhirnya, mereka bersengkokol untuk menyingkirkan Putri Kandita dan permaisuri dari lingkungan istana Pakuan Pajajaran.

Rencana jahat selir dan putra-putri raja pun terlaksana. Singkat cerita, Putri Kandita dan permaisuri terserang penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Semula mereka dikucilkan, lalu diusir dari istana atas perinta Prabu Siliwangi, karena desakan selir dan putra-putrinya.

Putri Kandita dan permaisuri pergi berkelana menuju arah selatan wilayah kerajaan. dalam perjalanan itu, permaisuri meninggal dunia. Dalam pengembaraannya, Putri Kandita sampai di sebuah aliran sungai. Tanpa ragu, Putri Kandita menghriup air sungai sepuas hatinya. Setelah menghirupnya, ia merasakan tubuhnya terasa segar. Kemudian ia menyusuri aliran air sungai itu ke arah hulu. Akhirnya, ia menemukan beberapa mata air yang menyembur sangat daras. Lantas ia berendam di dalam sungai. Kehangatan air sungai mampu membuat Putri Kandita betah berlama-lama berendam. Dalam kesendiriannya, ia menetap di dekat sumber air panas dan melatih olah kanuragan. Setelah sekian lama tinggal dan mandi di sungai, tanpa disadarinya secara berangsur-angsur penyakitnyapun hilang.

Setelah sembuh, Putri Kandita melakukan perjalanan ke arah hilir sungai. Putri Kandita terpesona saat tiba di muara sungai yang dekat dengan laut. Kemudian, ia memutuskan untuk bermukim di wilayah tepi laut sebelah selatan Pakuan Pajajaran.

Selama menetap di sana, Putri Kandita dikenal luas ke berbagai kerajaan yang ada di pulau Jawa sebagai seorang wanita cantik dan digdaya. Sejak saat itu, banyak pangeran muda yang ingin mempersuntingnya. Menghadapi para pelamar, Putri Kandita mengajukan syarat, yaitu kepada setiap orang yang ingin mempersuntingnya, harus sanggup mengalahkan kesaktiannya, termasuk bertempur dengan gelombang laut di pantai selatan pulau Jawa. Sebaliknya, kalau mereka kalah, harus tunduk menjadi pengiringnya. Pertempuran itu sering dilakukan di kawasan sebuah teluk yang ada di pantai selatan. Putri kandita bisa menguasai gelombang laut selatan, sehingga mendapat gelar Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul yang artinya Ratu Penguasa Pantai Selatan.

Artikel ini ditulis oleh Raden pada 10:59 24 March 2013 | dibaca 9857 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Cerpen Lucu Bahasa Inggris dan ArtinyaCerpen Lucu Bahasa Inggris dan Artinya
Cerpen Persahabatan SejatiCerpen Persahabatan Sejati
Cerita Lucu Pendek 2012Cerita Lucu Pendek 2012

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya