DRZ Post

> >

Penyebab dan Gejala Cacar Air

Sains - drzpost.com -
Penyakit cacar air atau disebut juga Chicken Pox termasuk penyakit yang cepat menular. Penyebab utamanya adalah serangan virus Varicella zoster. Tidak hanya anak-anak, virus ini juga menyerang orang dewasa dan bayi.

Yang perlu diperhatikan adalah virus ini menyerang ketika ketahanan tubuh melemah atau kondisi badan yang tidak fit.

Cara penyebaran virus Varicella adalah melalui ydara atau aerogen. Karena melalui udara, virus dengan cepat berpindah dan kontak dengan orang lain. Selain itu, kontak fisik dengan penderita cacar air ini juga semakin meningkatkan risiko tertular.

Air yang berada di dalam gelembung cacar air jika pecah dan mengenai permukaan kulit akan lebih cepat tertular. Perlu juga diwaspadai kontak virus yang berasal dari air ludah atau liur dari penderita cacar air.

Gejala cacar air

Sebenarnya gejala awal timbulnya penyakit cacar air ini hampir sama dengan penyakit flu. Penderita sering kali mengira dirinya hanya terserang penyakit flu biasa. Gejala cacar air akan lebih nampak saat munculnya bentol kemerahan di permukaan kulit dalam jumlah yang banyak.

Gejala awal cacar air antara lain:

• Kondisi badan terasa menurun atau tidak fit, lemah dan mudah capek.
  • Mulai merasakan demam disertai flu ringan.
  • Mulai merasakan nyeri di pergelangan sendi dan ngilu, tapi gak semua penderita mengalaminya.
  • Muncul bentol kemerahan seperti gelembung yabg berisi air di permukaan kulit.

Artikel ini ditulis oleh Juna pada 09:37 24 March 2013 | dibaca 697 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk KesehatanKhasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan
Pengertian Jenis Jenis ImunisasiPengertian Jenis Jenis Imunisasi
Obat Tradisional Sakit PinggangObat Tradisional Sakit Pinggang