DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Kelainan Mata dan Cara Mengatasinya

Sains - drzpost.com - Mata adalah salah satu panca indra kita yang sangat penting sobat..untuk itu kita harus selalu menjaga. Karena tanpa kita tidak bisa menikmati indahnya dunia ini. Mata kita bisa saja terjadi kelainan-kelainan, hal ini bisa terjadi karena kebiasaan, seperti kebiasaan membaca atau bisa jadi karena kekurangan vitamin atau bisa jadi karena keturunan.

Yuk kita lihat apa aja kelainan pada mata dan cara mengatasinya.

Kelainan pada mata yang sering muncul, antara lain, rabun jauh, rabun dekat, rabun tua, rabun senja, dan buta warna.

Kelainan Mata dan Cara Mengatasinya

Kelainan pada Mata dan Cara Mengatasinya

  • Rabun Jauh (Miopi). Orang yang menderita rabun jauh tidak dapat melihat suatu benda dengan jelas apabila jaraknya jauh. Penyebabnya adalah lensa mata terlalu pipih. Pada mata orang yang menderita rabun jauh, bayangan benda jatuh di depan retina. Agar bayangan benda jatuh tepat di retina, penderita sebaiknya menggunakan kacamata yang berlensa cekung (lensa negatif).
  • Rabun Dekat (Hipermetropi). Penderita rabun dekat tidak dapat melihat benda kecil di dekatnya. Misalnya, tidak dapat membaca huruf kecil di koran dari jarak dekat. Pada mata orang yang menderita rabun dekat, bayangan benda jatuh di belakang retina. Agar bayangan benda jatuh tepat di retina, penderita sebaiknya menggunakan kacamata berlensa cembung (lensa positif).
  • Rabun Tua (Presbiopi). Daya akomodasi orang yang berusia lanjut biasanya sudah lemah. Akibatnya, orang tersebut tidak dapat melihat benda yang letaknya jauh maupun dekat. Penderita dapat ditolong dengan menggunakan kaca mata berlensa rangkap. Kacamata berlensa rangkap adalah kacamata yang terdiri atas lensa positif dan lensa negatif.
  • Rabun Senja (Hemerolopi). Penderita rabun senja tidak dapat melihat benda secara jelas pada waktu senja hari. Hal tersebut disebabkan penderita kekurangan vitamin A.
  • Buta Warna. Buta warna termasuk salah satu kelainan pada mata. Penderita buta warna tidak mampu membedakan warna-warna tertentu. Misalnya, warna merah, kuning, hijau, dan biru. Cacat mata ini termasuk kelainan yang bersifat menurun.

Artikel ini ditulis oleh Poster pada 16:28 06 March 2013 | dibaca 1416 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pengertian InfeksiPengertian Infeksi
Makalah Pengertian Kesehatan LingkunganMakalah Pengertian Kesehatan Lingkungan
Obat Tradisional Sakit PinggangObat Tradisional Sakit Pinggang

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Dina Rahani