DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Ciri Ciri dan Klasifikasi Fungi

Sains - drzpost.com - Hai teman-teman, tahu jamur kan? Bisa jadi yang ada di pikiran kalian adalah Ibu sedang memasak jamur yang lezat..atau malah yang ada di pikiran kalian kaki yang jamuran..hehe.. Jamur adalah makhluk hidup yang bernama Fungi atau di kenal dengan nama cendawan. Yuk kita lihat bagaimana ciri-ciri fungi dan klasifikasi fungi ini.

Ciri-Ciri Fungi

  1. Makhluk eukariot yang tidak berklorofil, karena itu bersifat heterotrof, artinya tidak dapat memproduksi makanan sendiri.
  2. Bersifat menetap di satu tempat (immobile)
  3. Tidak memiliki jaringan pembuluh.
  4. Mencerna makanannya di luar tubuh dengan cara mensekresikan enzim pencerna, dan menyerap sari makanan setelahnya sehingga disebut bersifat parasit. Bersifat parasit karena menumpang pada makhluk hidup lain. Fungi juga bersifat saprofit (menguraikan) karena menumpang pada jenazah makhluk hidup lain, seperti batang kayu yang sudah mati atau bangkai hewan.
  5. Dinding sel terbentuk dari zat kitin, yaitu zat polisakarida yang mengandung nitrogen, identik dengan kitin pada tubuh serangga.
  6. Persamaan fungi dengan tumbuhan (plantae), yaitu bersifat menetap di suatu tempat.
  7. Persamaan fungi dengan hewan, yaitu bersifat heterotrof, artinya tidak memproduksi makanannya sendiri.
  8. Berkembang biak secara vegetatif dan generatif. Secara vegetatif dengan membentuk spora, tunas atau fragmentasi hifa (benang halus). Secara generatif dengan meleburkan dua hifa dari fungi yang berbeda membentuk zigot.

Klasifikasi Fungi

Fungi dapat dikelompokkan dalam 5 macam, yaitu Chytridiomycetes, Zygomycetes, Glomeromycetes, Ascomycetes, dan Basidiomycetes.

Chytridiomycetes

Ciri Ciri dan Klasifikasi Fungi

Chytridiomycetes atau kelompok kapang ini adalah satu-satunya kelompok yang memiliki spora flagella (bulu cambuk). Umumnya, ditemukan di kolam dan danau. Sebagian dari mereka hidup sebagai parasit. Sebagian lagi adalah sebagai pengurai (dekomposer). Contohnya Synchytrium endobioticum, yaitu kapang yang bersifat parasit pada tanaman kentang.

Zygomycetes

Ciri Ciri dan Klasifikasi Fungi

Zygomycetes disebut juga fungi zigot, karena memiliki zigospora sebagai alat reproduksi generatif dan spora aseksual (sporangiospora) sebagai alat reproduksi vegetatif. Kelompok kapang ini memiliki hifa yang tidak bersekat. Cendawan kelompok Zygomycetes banyak mempunyai nilai ekonomi penting. Cendawan ini ada yang digunakan untuk bahan produksi makanan dan industri asam organik . Contohnya: Rhizopus oryzae (kapang tempe) dan Rhizopus stolonifer (kapang roti). Akan tetapi, kelompok fungi ini juga dapat menyebabkan membusuknya buah pear, stroberi dan ubi. Bahkan beberapa di antaranya menjadi parasit pada hewan.

Glomeromycetes

Ciri Ciri dan Klasifikasi Fungi

Glomeromycetes adalah fungi mikoriza arbuskular atau disebut juga endomikoriza. Awalnya, kelompok fungi ini digolongkan dalam Zygomycetes, tetapi dari hasil penelitian ternyata jenis mikoriza yang dimiliki kelompok ini berbeda dengan mikoriza Zygomycetes. Apa penyebabnya? Ternyata fungi golongan Glomeromycetes tidak bereproduksi secara generatif, tetapi hanya secara vegetatif. Mikoriza Glomeromycetes, hifanya masuk ke dalam akar tumbuhan dan membentuk struktur arbuskular. Contoh spesiesnya adalah Archaeospora gerdemanii.

Ascomycetes

Ciri Ciri dan Klasifikasi Fungi

Kelompok gungi ini disebut fungi kantong, karena ada organ askus (pembentuk spora) di dalam tubuhnya yang disebut askokarp. Bentuk askokarp ini seperti kantong atau wadah. Reproduksi kelompok ini dapat dilakukan secara generatif dan vegetatif. Secara generatif dengan askospora, yang diproduksi di dalam askus. Sementara itu reproduksi secara vegetatif dilakukan dengan cara membentuk konidiospora, yaitu spora yang dihasilkan secara berantai pada ujung hifa. Selain itu, beberapa ascomycota berkembang biak dengan tunas. Tunas terbentuk dari percabangan sel. Setelah semua bagian sel terbentuk, tunas melepaskan diri dari induknya. Contohnya, Penicillium notatum, digunakan dalan pembuatan antibiotik penisilin, dan Saccaromyces cereviceae, yang disebut khamir, karena bersel tunggal dan digunakan untuk membuat roti dan tape.

Basidiomycetes

Ciri Ciri dan Klasifikasi Fungi

Kelompok Basidiomycetes umumnya memiliki tubuh makroskopis yang disebut basidiokarp. Di dalam basidiokarp terdapat basidium penyangga spora yang disebut basidiospora. Cara perkembangbiakan secara generatif dilakukan oleh konidiospora. Oh ya, pernahkah kamu makan jamur tiram, jamur merang, jamur shiitake dan jamur kuping? Mereka semua adalah kelompok Basidiomycetes. Ada juga yang dimanfaatkan untuk pengobatan. Contohnya: Ganoderma sp.

Artikel ini ditulis oleh Raden pada 15:34 26 February 2013 | dibaca 2196 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Struktur Biji Dikotil, Monokotil dan FungsinyaStruktur Biji Dikotil, Monokotil dan Fungsinya
Retikulum EndoplasmaRetikulum Endoplasma
Pengertian DNA dan RNAPengertian DNA dan RNA

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya