DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Kliping Bencana Alam di Indonesia

Kliping Bencana Alam di Indonesia
Sains - drzpost.com -
Bencana alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh alam, seperti banjir, gempa, gunung meletus..kita semua tentu nggak pengen nih bencana terjadi. Tetapi kalau memang Allah menghendaki, kita harus tabah menghadapi cobaan ini sob..

Tetapi ada juga bencana alam yang sebenarnya penyebabnya juga akibat ulah manusia, misalnya banjir. Banjir bisa saja terjadi karena aliran air ke laut terhalang oleh sampah-sampah yang dibuang ke sungai, atau pohon-pohon yang sebagai sumber resapan air habis ditebang. Nah kalau pohon udah ditebang selain mengakibatkan banjir, juga mengakibatkan longsor.

Kumpulan kliping bencana alam banjir

Buat teman-teman yang pengen cari kliping tentang bencana alam, berikut ada beberapa kliping mengenai berita bencana alam dari berbagai media berita di Indonesia.

Hujan Semalaman, Padang Dilanda Banjir

PADANG, KOMPAS.com - Ratusan rumah di Kota Padang, Sumatera Barat, terendam banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Rabu (29/2/2012) siang hingga Kamis dini hari.

"Rumah terendam banjir terdapat di daerah Lubuk Buaya, Simpang Kalumpang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Dedi Henidal, Kamis di Padang.

Link

Banjir Terjang Kincir Air

MUARA BUNGO, KOMPAS.com Sejumlah kincir air rusak diterjang luapan air sungai anak Sungai Batanghari di Kabupaten Bungo, Jambi. Akibatnya, puluhan rumah tak teraliri listrik.

Di Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Batin III Ulu, Bungo, kerusakan terjadi pada dua dari tiga unit pembangkit listrik bertenaga mikrohidro setelah diterjang luapan air Sungai Batang Limun. Sekitar 50 rumah tak teraliri listrik sejak sepekan terakhir.

Link

Kerugian Banjir Bandang Rp 47,5 miliar

BATUSANGKAR, KOMPAS.com - Kerugian akibat banjir bandang di Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan lima hari lalu mencapai Rp 47,5 miliar.

Demikian dikemukakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Altri Suandi, Jumat (2/3/2012).

Link

Kumpulan kliping bencana alam tanah longsor

Tertimbun Longsor, Jalur Lintas Polewali-Mamasa Terputus

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Polewali mandar, Sulawesi Barat, sejak Sabtu (3/3/12) sore menyebabkan jalur lintas kabupaten Mamasa-Polewali Mandar terputus akibat timbunan material longsor tanah bercampur batu setinggi 10 meter lebih. Sejumlah pohon yang tumbang ikut menghalangi perjalan warga.

Akibat timbunan longsor arus ini kendaraan dari dua arah terputus. Sejumlah pengendara motor yang nekad menembus timbunan longsor terjebak lumpur hingga harus dianggkat dengan bantuan warga. Sejumlah pengendara roda empat yang terjebak terpaksa bermalam di lokasi karena khawatir meninggalkan kendaraannya.

Link

Longsor, 40 KK di Aceh Tengah Minta Relokasi

TAKENGON, KOMPAS.com- Sebanyak 40 keluarga di Desa Arul Gadeng, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, yang terancam banjir bandang dan longsor susulan berharap segera direlokasi ke tempat yang aman. Akibat banjir dan longsor, Sabtu (25/2) lalu, bukit di atas perkampungan mereka retak dan dikhawatirkan akan kembali longsor saat hujan deras mengguyur.

"Sejak banjir Sabtu kemarin, kami terus was-was. Banyak material di atas bukit yang masih tersangkut. Selain itu, bukit juga sudah retak. Kalau longsor kembali kami tidak tahu lagi akan seperti apa," kata Sekretaris Desa Arul Gampeng, Sukir, Senin (27/2/2012).

Link

10 Rumah Longsor di Bogor

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 10 rumah di Kampung Gudang, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/2/2012) pagi, longsor. Diperkirakan seorang warga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

Kliping Bencana Alam di Indonesia 2

Heri (37), warga Kampung Gudang menuturkan, ibunya Fatimah (65), saat kejadian masih sarapan bubur ayam sekitar 20 meter dari rumahnya. Tiba-tiba, sekitar pukul 08.15, rumah yang ada di depannya rubuh. Fatimah tidak sempat menyelamatkan diri.

Link

Jalan di Leuwidamar Ambles dan Longsor

Lebak, Kompas - Ruas jalan dari arah Rangkasbitung, ibu kota Lebak, Banten, menuju permukiman Baduy ambles dan longsor. Kendati kerusakan jalan sudah terjadi sebulan lebih dan sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan, hingga saat ini belum juga ada perbaikan.

Ruas jalan yang ambles tersebut berada di Kampung Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Leuwidamar, Lebak. Adapun ruas longsor berada di Kampung Cibengkung, Desa Bojongmenteng, Leuwidamar.

Link

Kumpulan kliping bencana alam gempa bumi

Gempa Guncang Aceh

ACEH, KOMPAS.com Gempa dengan kekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Aceh, Senin (23/1/2012) sekitar pukul 19.40. Informasi dari Serambi Indonesia di Banda Aceh, tidak ada laporan kerusakan dan kepanikan warga ketika gempa terjadi. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Kliping Bencana Alam di Indonesia 3

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisa (BMKG) Matai Aceh Besar menjelaskan, lokasi gempa terjadi di 4.75 Lintang Utara (LU) dan 94.67 Bujur Timur (BT), 108,2 Km barat daya Banda Aceh. Saat ini pihak BMKG sedang melakukan analisis penyebab gempa tersebut.

Link

Gempa Padang Tidak Berpotensi Tsunami

PADANG, KOMPAS.com - Gempa yang menguncang Kota Padang, Sumatera Barat, dengan kekuatan 4,3 skala Richter (SR) pada Minggu pukul 13.06 WIB tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa itu berada pada 0.82 Lintang Selatan (LS), 99.65 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 Km dimana berpusat 77 Km barat laut Kota Padang.

Link

Artikel ini ditulis oleh Lola pada 07:16 06 January 2013 | dibaca 11467 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pelestarian Wilayah Laut IndonesiaPelestarian Wilayah Laut Indonesia
Makalah AMDAL, Pengertian dan Tujuan AMDALMakalah AMDAL, Pengertian dan Tujuan AMDAL
Pengertian dan Makalah Pencemaran LingkunganPengertian dan Makalah Pencemaran Lingkungan

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya