DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Contoh Pidato Singkat Tentang Globalisasi

Contoh Pidato Singkat Tentang Globalisasi
Umum - drzpost.com -
Hai teman-teman pelajar Indonesia..kali ini saya akan memberikan contoh pidato singkat tentang globalisasi nih. Saat ini istilah globalisasi semakin sering kita dengar. Apalagi semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, mau tidak mau globalisasi akan memberi dampak terhadap masyarakat Indonesia.

Contoh teks naskah pidato singkat kita kali ini berjudul: "Tantangan Siswa di Era Globalisasi"

Yuk kita lihat contoh pidatonya:

Naskah Pidato Tentang Globalisasi

Assalamualikum wr wb,

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmatnya berupa kehidupan dan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.

Bapak Kepala Sekolah dan Guru-guru yang saya hormati

Teman-teman yang saya banggakan,

Pidato saya kali ini mengangkat tema tentang globalisasi dengan judul yaitu: Tantangan Siswa di Era Globalisasi. Saat ini kita sering mendengar istilah globalisasi, apa sih globalisasi itu? Globalisasi adalah di mana tidak ada lagi batasan antara negara dan bangsa-bangsa di dunia ini, arus informasi keluar masuk dengan mudah. Berkat teknologi yang semakin canggih kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah di genggaman tangan kita. Kita dengan mudah melakukan perdagangan, hubungan politik dan sebagainya dengan mudah dengan adanya teknologi canggih seperti internet, telepon radio dan sebagainya.

Oke kembali ke judul pidato saya kali ini. Apa sih tantangan bagi pelajar dalam menyikapi globalisasi. Ada dua tantangan yang utama. Pertama adalah bagaimana kita sebagai siswa menyikapi arus informasi yang begitu besar dan mudah di dapat. Yang kedua adalah bagaimana kita bisa ikut serta dalam globalisasi tersebut, sehingga memberikan dampak yang postif bagi orang lain.

Sebagaimana kita ketahui informasi yang dapat kita terima ada berupa informasi positif dan juga negatif. Kita sebagai siswa harus bisa memfilter arus informasi tersebut. Ambil yang baik, jauhi yang buruk. Ada banyak sekali ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa kita ambil dan pelajari dari internet. tapi ada banyak juga konten yang buruk seperti konten porno dan kekerasan yang berseliweran di jagad internet. Pada kasus akhir-akhir ini kita lihat di televisi saat ini ada orang yang menjual narkoba secara online di internet, hal ini mempermuda peredaran dalam mendapat narkoba, tantangannya bagi kita siswa bagaimana kita bisa menjauhi hal-hal buruk ini yang begitu gampang mendekati kita.

Selain tantangan menfilter dan menyikapi arus informasi, tantangan berikutnya sebagai siswa adalah bagaimana kita bisa berperan dan ikut aktif berpatisipasi dalam arus globalisasi. Kita sebagai generasi terpelajar tentu saja tidak ingin hanya jadi penonton belaka. Kita harus bisa menggunakan teknologi informasi. Mungkin cara yang paling gampang kita lakukan adalah dengan membuat blog. Mungkin teman-teman sudah tahu apa itu blog. Ya semacam website yang menampilkan tulisan-tulisan dan informasi dari kita. Mari kita buat tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain. Berikan ide-ide yang bagus bagi masyarakat dan bangsa ini melalui blog.

Kita juga bisa menggunakan media sosial networking seperti facebook dan twitter untuk mengajak ke suatu yang lebih baik. Contoh sederhana, misalnya kita buat facebook yang mengajak teman-teman gerakan tanpa sampah di sekolah. Ini suatu contoh yang sederhana dengan mengajak teman teman melakukan gerakan ini akan membawa kebaika bagi sekolah kita.

Demikianlah pidato singkat saya ini mengenai globalisai. Apabila ada salah-salah kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

wassalamualaikum wr wb.

Artikel ini ditulis oleh Fresd pada 07:11 06 January 2013 | dibaca 7803 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Naskah Teks Pidato Hari KartiniNaskah Teks Pidato Hari Kartini
Contoh Pidato Bahasa IndonesiaContoh Pidato Bahasa Indonesia
Pidato Sumpah PemudaPidato Sumpah Pemuda

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya